Tips Terbaik Mencuci Mobil yang Bersih Tanpa Karat

Mobil merupakan kendaraan yang sudah banyak digunakan mengingat cara mendapatkannyapun lebih mudah dengan pembelian secara kredit. Harga mobil hari ini pun bervariasi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan. Saat menggunakan mobil Anda perlu mengetahui tips mencuci mobil yang benar. Berikut ini tips terbaik mencuci yang bersih tanpa karat.

1.      Alat Khusus

Saat mencuci mobil jangan gunakan sembarangan alat karena bisa mempengaruhi tingkat kebersihan pencucian mobil. Anda perlu menggunakan alat khusus untuk mencuci mobil seperti sarung tangan dan handuk yang digunakan saat mengelap mobil nantinya.

Pilihlah spons yang bisa menghasilkan busa sehingga lebih mudah saat mencucinya. Kotoran bisa lebih mudah untuk dibersihkan. Spons yang digunakan lebih baik bukan spons dari busa. Selain itu alat-alat ini harus Anda perhatikan jika sudah rusak segera ganti jangan gunakan alat yang sudah tidak efektif untuk mencuci mobil.

2.      Merata seluruh Bagian

Saat melakukan pencucian mobil pastikan seluruh  bagian mobil dibersihkan merata. Jangan ada bagian yang ketinggalan. Jika ada bagian yang tertinggal dan memiliki banyak kotoran menempel dalam waktu lama akan menimbulkan karat. Anda bisa menggunakan selang air untuk lebih mudah membersihkan bagian mobil seluruhnya sampai bersih.

Cara membersihkan seluruh bagian agar tidak ada yang ketinggalan dimulai dari bagian bawah mobil atau kolongnya. Setelah itu bagian rodan dan velg mobil Anda. Setelah selesai baru bagian bodi mobil. Saat menyemprot air ke bagian bodi mobil jangan terlalu keras. Tekanan air jangan terlalu tinggi dan posisi selang dimiringkan.

3.      Sampo atau Sabun Khusus

Karat yang timbul sekalipun sudah mencuci mobil salah satunya karena penggunaan sabun dan sampo yang sembarangan. Anda perlu hati-hati dalam memilih sabun dan sampo yang akan digunakan. Sebaiknya memilih yang kandungan pH-nya seimbang agar tidak menimbulkan karat.

Salah satu cara untuk memilih sabun atau sampo yang akan digunakan hindari kandungan detergen. Selain itu jangan memilih yang baunya terlalu harus dikhawatirkan ada kandungan yang dapat merusak warna cat mobil.

Khusus untuk bagian kolong Anda bisa menggunakan cairan HF. Jenis cairan yang aman untuk digunakan tanpa menimbulkan karat pada bagian bawah mesin nantinya. Kotoran yang menempel akan hilang tanpa sisa sehingga mobil Anda bisa bersih.

Sabun ini tidak akan merusak lapisan anti karat yang ada di bagian kolong mobil selama menggunakan takaran yang sesuai. Saat menggunakan sabun ini lebih aman jika Anda memakai sarung tangan agar tidak merusak kulit. Selain itu penggunaan sabun ini perlu ditambahkan air agar lebih efektif dan tidak terlalu keras lagi kandungannya.

4.      Gunakan Air yang Aman

Jangan mencuci mobil menggunakan air asin karena dapat menyebabkan terjadinya karatan di bagian mesin. Anda perlu menggunakan air yang pH-nya aman sehingga pencucian mobil bisa membersihkan semua kotoran tanpa berisiko menyebabkan karat.

5.      Lap yang Lembut

Setelah mobil selesai dibersihkan secara keseluruhan, Anda perlu mengelap mobil menggunakan lap dari bahan handuk yang lembut. Usahakan lap yang digunakan ini dapat menyerap air di bagian mobil. Anda bisa juga membeli lap khusus yang dibuat untuk mengeringkan bagian-bagian mobil secara lebih efektif.

Cara di atas merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan dengan mudah. Hanya saja jangan dianggap sepele tips ini karena dampaknya cukup besar pada mobil Anda. Jika membutuhkan informasi terkait mobil yang berhubungan dengan komponen dan alatnya atau pun harga mobil bisa Anda lihat di mobil88.astra.co.id.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *