Tips Bersihkan Sofa Kulit Agar Tidak Cepat Rusak

Sofa kulit yang memiliki kesan yang elegan memang sering kali digunakan di rumah-rumah. Salah satunya mungkin digunakan juga di rumah Anda. Sofa yang terbuat dari bahan kulit juga terkenal dengan harganya yang cukup mahal. Karena itu Anda harus bisa mengetahui cara-cara menjaga agar sofa kulit dapat terawat dengan baik dan tidak cepat rusak. Biasanya, para pemilik sofa ini tidak mengetahui bagaimana cara membersihkan sofa kulit dengan baik. Padahal, untuk membersihkannya dapat dibilang cukup mudah. Namun, memang memerlukan kehati-hatian yang tinggi karena jika tidak dibersihkan dengan teliti dapat mengalami kerusakan. Tentu saja pastinya Anda tidak ingin sofa kesayangan Anda itu rusak. Karena itu, Anda perlu tahu bagaimana cara membersihkan dan service sofa kulit dengan tepat sehingga bisa awet dan tidak mudah rusak.

 

Rutin Bersihkan

Kulit merupakan salah satu bahan yang dapat dengan mudah mengalami kelunturan atau kepudaran warnanya. Biasanya bahan kulit akan lebih mudah luntur jika ada noda yang menempel, terutama noda yang berupa cairan. Hal ini karena cairan tersebut dapat meresap ke bagian dalam kulit tersebut sehingga warnanya menjadi berubah. Karena itu lekas bersihkan setiap noda yang menempel di sofa Anda!

Bersihkan Debu

Hal pertama yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu adalah membersihkan setiap debu yang menempel di permukaan kuli sofa Anda. Tapi, Anda juga jangan menyepelekan pekerjaan ini. Meski termasuk ke dalam pekerjaan yang cukup mudah dilakukan. Anda juga perlu memperhatikan setiap sela-sela sofa. Karena jarak yang cukup sempit tersebut, biasanya debu mudah menumpuk namun sulit untuk dibersihkan. Pastikan Anda membersihkan sofa dengan menyeluruh dan tidak ada lagi debu yang tertinggal!

Gunakan Air Hangat

Untuk membersihkan sofa Anda dari debu dan kotoran, lebih baik gunakan kain lap dengan bahan yang lembut dan basahi kain tersebut dengan air hangat. Gunakan lap microfiber dengan bulu-bulu yang halus agar tidak meninggalkan jejak pada sofa dan membuat sofa kulit Anda jadi jelek. Juga jangan menunda untuk membersihkan setiap noda yang menempel. Pada noda cairan, bersihkan dengan cara ditepuk-tepuk dengan perlahan jangan menyekanya karena akan membuat noda tersebut meluas dan bahkan bisa mengubah warna asli dari sofa kulit tersebut.

Pakai Kondisioner

Tidak hanya manusia saja yang memerlukan kondisioner, sofa yang Anda duduki itu juga memerlukannya. Namun, tentunya kondisioner yang digunakan berbeda dengan yang biasa digunakan. Gunakan kondisioner atau pelembap khusus sofa karena sofa tersebut akan kehilangan minyak alamiah yang dihasilkan oleh produk dengan bahan kulit sehingga kehilangan kelenturannya. Dengan menggunakan kondisioner sofa, minyak yang hilang tersebut akan terganti sehingga kulit akan tetap sempurna, lebih tahan lama dan tidak retak atau pecah-pecah.

Hindari Matahari

Perlu Anda ketahui dan Anda ingat bahwa matahari adalah salah satu musuh utama dari sofa berbahan dasar kulit. Sinar dan panas dari matahari dapat membuat bahan dari kulit tersebut menjadi kehilangan kelenturannya dan kering sehingga mudah pecah maupun retak. Karena itu jauhi dari sinar matahari, misalnya di dekat jendela yang besar dan lebar. Terlebih lagi, jangan pernah letakkan sofa kulit Anda di luar ruangan. Tak hanya sinar matahari yang membuat sofa Anda jadi pudar warnanya, faktor cuaca lainnya seperti angin ataupun cipratan air hujan juga dapat memperpendek umur dari sofa Anda. Letakkan minimal satu sampai dua meter dari sumber panas atau sumber sinar matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *