Pentingnya Asuransi Dan Tips Memilih Asuransi Perjalanan Yang Tepat

Perjalanan jarak jauh terkadang membuat anda berpikir apakah membutuhkan asuransi perjalanan atau tidak, apalagi jika perjalanan tersebut membutuhkan waktu dari 3 jam. Tentu rasanya was-was ketika perjalanan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk sampai ke tujuan, karena tidak ada yang tahu kondisi sepanjang perjalanan dan apa yang akan terjadi kedepannya namun juga tidak ada yang ingin hal buruk menimpa ketika sedang berliburan. Apabila anda tidak memiliki asuransi, kejadian buruk yang menimpa bisa menjadi lebih buruk karena tidak ada yang dapat membantu dari segi biaya, misalnya ketika terkena kecelakaan saat sedang berlibur dan harus masuk rumah sakit. Adanya asuransi akan membantu mengcover biaya rumah sakit tersebut.

Seperti itulah kegunaan dari asuransi perjalanan, ketika anda tidak memilikinya maka anda akan terus merasa was-was atas kejadian yang belum tentu terjadi namun dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Maka dari itulah, jangan sampai anda mengalami kerugian atas suatu hal yang sebenarnya dapat anda cegah dengan membeli asuransi selama perjalanan anda. Jangan anggap enteng sebuah asuransi, membeli asuransi dijamin tidak akan membuat anda rugi, membeli asuransi tidak hanya sekedar membuang-buang uang saja. Mungkin anda belum merasakan secara langsung manfaat asuransi, jangan sampai anda baru merasakannya ketika harus mengajukan kompensasi karena hal buruk terjadi pada anda.

Premi asuransi yang harus anda beli tidaklah mahal, rata-rata harganya di bawah Rp 100.000,- jadi jangan sampai anda merasa berat untuk membeli asuransi perjalanan. Lebih baik mengeluarkan sedikit biaya tambahan agar anda merasa nyaman dan aman selama liburan. Jenis-jenis asuransi pun ada banyak, ada asuransi biasa dan juga asuransi premium. Setiap asuransi memiliki paket, manfaat dan tentunya harga yang berbeda-beda tergantung keinginan dan kebutuhan anda. Namun biasanya ketika anda membeli banyak sekaligus, misalnya membeli asuransi selama perjalanan untuk anda dan keluarga maka anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah daripada membeli asuransi individu. Perlu diingat bahwa asuransi selama perjalanan ini berlaku untuk satu hari saja, jadi semisal anda berencana liburan selama 3 hari, maka sebaiknya membeli asuransi untuk 3 hari juga, jangan membeli asuransi satu kali saja ketika liburan atau ketika dalam perjalanan saja.

Beberapa pihak asuransi juga menyediakan paket asuransi perjalanan khusus untuk luar negeri, misalnya paket asuransi untuk perjalanan ke Eropa, Asia, Amerika, Afrika atau pun Timur Tengah. Tentu harga yang ditawarkan berbeda-beda. Jangan heran apabila harga asuransi untuk perjalanan keluar negeri lebih mahal dari perjalanan di dalam negeri karena biaya yang dikeluarkan oleh pihak asuransi ketika terjadi kecelakaan di luar negeri lebih mahal daripada di Indonesia. Jadi rasanya harga paket asuransi luar negeri yang mahal merupakan hal yang wajar.

Ada banyak faktor yang harus anda perhatikan sebelum anda membeli asuransi. Lalu apa saja yang harus diperhatikan sebelum anda memilih asuransi perjalanan?
1. Produk asuransi
Mengetahui jenis asuransi yang anda beli adalah hal yang wajib. Jangan sampai anda salah membeli, maunya membeli asuransi selama perjalanan liburan, namun ternyata malah membeli asuransi kesehatan biasa. Tentu hal tersebut akan merugikan anda karena tidak mendapat jaminan ketika berlibur dan anda membuang-buang uang karena salah membeli asuransi.
2. Jaminan yang diberikan
Biasanya hal-hal yang dapat dicover terbatas, tergantung dari jenis asuransi yang anda beli. Ada beberapa kejadian yang tidak ditanggung oleh pihak asuransi, maka dari itulah anda harus menggali informasi selengkap mungkin.
3. Berapa klaim per tahun
Anda bisa menanyakan klaim apa saja yang bisa anda ajukan kepada pihak asuransi. Biasanya pihak asuransi akan memberikan daftar berbagai hal mulai dari taraf dokter, resep obat, penyakit/ kondisi yang dapat ditanggung. Dan ketika batas maksimal klaim sudah digunakan, pihak asuransi akan menghentikan penerimaan ajuan klaim dan semua biaya akan ditanggung sendiri oleh nasabah.
4. Sistem reimbursement
Semakin banyak cakupan rumah sakit yang dapat digunakan dengan pihak asuransi tersebut akan sangat membantu. Karena rumah sakit yang tidak bekerja sama dengan pihak asuransi tersebut, maka ketika anda berobat di rumah sakit lain, anda harus membayar sendiri biaya rumah sakitnya. Biasanya pihak rumah sakit menerima reimbursement selama ada copy resep, form diagnosis dan juga bukti pembayaran.
Apabila anda merasa bahwa paket asuransi yang anda miliki kurang, anda bisa mengajukan asuransi tambahan. Dengan asuransi tambahan tersebut anda bisa mendapatkan berbagai manfaat tambahan yang tidak anda dapatkan sebelumnya. Misalnya saja, dengan asuransi biasa anda maka biaya suplemen atau vitamin tidak akan ditanggung, namun dengan asuransi tambahan anda bisa mendapatkannya tanpa mengeluarkan biaya apapun. Manfaat yang bisa anda dapatkan memang berbeda-beda tergantung dari situasi dan kondisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *