Manfaat Konsumsi Makanan Berbahan Tepung Kanji

 Manfaat Dibalik Sering Konsumsi Makanan Berbahan Tepung Kanji

Anda sudah pernah mengonsumsi cilok, kue lapis, dan beberapa penganan lezat lainnya yang berbahan kanji? Ternyata sering mengonsumsi makanan berbahan tepung tersebut dapat memberi efek positif bagi kesehatan lho.

Kanji tidak mengandung gluten, sehingga aman dikonsumsi oleh semua kalangan termasuk anak-anak penderita autisme dan alergi. Ada kandungan mineral seperti selenium, tembaga, kalsium, mangan, zat besi, vitamin B6, asam folat, serta panthothenic dalam tepung tersebut.

Tak heran, jika mengonsumsinya dapat memberikan manfaat seperti berikut ini seperti dilansir laman Boldsky.com:

Sehatkan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada tepung kanji, membuatnya dapat membantu menyehatkan pencernaan. Anda dapat terbebas dari masalah sembelit, nyeri usus, kembung dan begah jika kerap mengonsumsinya.

Lancarkan aliran darah

Terdapat zat besi dalam tepung kanji, yang membuatnya mampu membantu produksi sel darah dalam tubuh. Ia juga mencegah anemia serta membantu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Asam folat tinggi

Ada vitamin B kompleks dalam jumlah cukup yang terdapat di tepung tapioka, termasuk juga asam folat yang dibutuhkan untuk tidak mudah stres dan menjaga kesehatan tubuh.

Turunkan tekanan darah

Kalium yang terdapat di tepung tersebut mampu menurunkan tekanan darah, hingga membantu mencegah stres di pembuluh arteri. Ada pula potasium yang berfungsi menjaga kadar tekanan darah agar tetap normal.

Kuatkan tulang

Selain zat besi, ada kalsium dan vitamin K yang terdapat di dalam kanji. Ini baik untuk tulang dan mencegah penyakit yang menyerang tulang semisal osteoporosis.

Tak hanya itu, kanji juga mengandung protein nabati sehingga dapat membantu melengkapi kebutuhan tubuh lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *