Ingin Investasi? Berikut Penjelasan Lengkap Tentang Reksa Dana

Investasi adalah sebuah jalan untuk bisa mendapatkan keuntungan. Jenis dari investasi cukup banyak, namun jika Anda masih pemula dalam hal ini, reksa dana bisa menjadi pilihannya. Risiko reksa dana yang sangat kecil adalah alasannya, namun tetap Anda harus paham dulu tentang jenis investasi yang satu ini.

Penjelasan Singkat tentang Investasi Reksa Dana

Pernahkah Anda ingin membeli sebuah kendaraan bermotor tapi karena uangnya kurang, akhirnya patungan dengan rekan? secara sederhana konsep reksadana seperti itu. Namun jika dijabarkan secara lebih jelas, reksa dana adalah wadah dan pola pengelolaan dana atau modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam produk-produk investasi yang ada di pasar modal.

Pada wadah tersebut, calon nasabah atau investor diharuskan membeli unit penyertaan reksa dana terlebih dahulu. Nantinya dana dari setiap investor bakal dikelola oleh satu pihak bernama Manajer Investasi (MI) untuk disalurkan ke berbagai portofolio. Misalkan saja saham, obligasi, pasar uang hingga lainnya.

Dari penjelasan yang mengacu kepada Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995 pasal 1 ayat (27) itu, bisa disimpulkan bahwa reksa dana yang dikelola oleh Manajer Investasi (MI) merupakan bentuk instrumen investasi jangka menengah dan jangka panjang. Nantinya MI menempatkan dana-dana dari sekelompok investor ke dalam bentuk portofolio efek.

Lalu di manakah dana-dana investor itu disimpan? Kepada bank kustodian yang tidak terafiliasi dengan MI. Di Indonesia sendiri ada beberapa bank konvensional yang sudah terdaftar sebagai kustodian setelah memperoleh persetujuan dari Badan Pengawas Pasar Modal.

Keuntungan Investasi Reksa Dana

Hal berikutnya yang harus Anda mengerti perihal dunia reksa dana adalah mengenai keuntungan instrumen investasi yang satu ini. Salah satu keuntungan utamanya adalah minimnya risiko reksa dana. Berikut penjelasan lebih lengkapnya tentang keuntungan investasi reksa dana.

1. Profit yang Besar

Alasan seseorang melakukan investasi adalah mencari untung. Hal itu bisa Anda temukan jika memilih reksadana. Salah satu jenis investasi reksa dana yang memiliki keuntungan besar adalah reksa dana saham, yang bisa memberikan sampai 20% dalam satu tahun. Itulah mengapa jenis produk Reksa dana Saham merupakan pilihan terbaik bagi investor.

2. Risiko yang Terpecah

Jika Anda memilih reksadana sebagai investasi, ada yang namanya diversifikasi risiko. Secara mudahnya, diversifikasi risiko membuat uang Anda disebarkan ke berbagai instrumen sehingga kalau salah satu harganya anjlok, masih ada yang stabil.

Misalnya pada reksa dana saham, investasi akan diarahkan berbagai saham untuk mencegah turunnya nilai investasi karena harga suatu saham melorot. Tentunya diversifikasi risiko ini tidak akan bisa terjadi jika Anda memilih investasi saham secara tunggal.

3. Dikelola Secara Profesional

Salah satu penyebab seseorang gagal dalam dunia investasi saham adalah minimnya pengetahuan pasar modal. Apalagi jika Anda berinvestasi di sela-sela pekerjaan sehingga tak memiliki waktu untuk menganalisa bursa dan memperhatikan tren yang ada di pasar modal.

Hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan dalam investasi reksa dana, karena sebua proses investasi telah diurus oleh Manajer Investasi, sehingga nasabah hanya tinggal menunggu hasilnya. MI bekerja secara transparan sehingga membuat setiap investor lebih nyaman menyerahkan pengelolaan portfolio mereka.

4. Modal Investasi Kecil dan Transaksi Efektif

Reksa dana dibuat untuk bisa dijadikan sebagai media investasi oleh masyarakat dengan modal yang minim. Sehingga, reksa dana bisa dilakukan hanya dengan menanamkan modal yang kecil. Tak berhenti di situ, beberapa e-commerce juga menawarkan pembelian reksadana yang bisa dilakukan dengan uang Rp10.000 saja.

Itulah tadi penjelasan lengkap dari investasi reksa dana. Jadi sekarang Anda bisa memulai investasi reksa dana dan nikmati semua keuntungannya tanpa khawatir, karena risiko reksa dana yang kecil dan juga bisa melakukan investasi dengan modal yang kecil pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *