Bermain Sambil Belajar Jadi Lebih Asyik dengan Cara Ini

Ternyata aktivitas tak selalu harus dilakukan di dalam kelas yang menegangkan terus menerus. Tanpa disadari ternyata bermain sambil belajar sangat efektif untuk menstimulasi otak sang buah hati untuk memecahkan suatu masalah. Cara ini juga dapat mengasah kreativitas sang buah hati juga lo. Nah belajar bisa semakin menyenangkan dengan aktivitas ini.

Berjalan-jalan untuk Mengenalkan Si Kecil dengan Lingkungan

Meskipun si kecil sudah mengetahui nama hewan dan tumbuhan melalui buku ceritanya, namun mereka belum mengetahui bagaimana ukuran dan bentuk aslinya. Pergi jalan-jalan ke kebun binatang merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk membantu menambah pengetahuan sang buah hati.

Agar si kecil dapat menangkap dan menyerap informasi yang sudah Anda berikan, maka lembarkan beberapa pertanyaan terkait dengan beberapa hal yang sudah Anda jelaskan tadi. Tanpa disadari ternyata hal yang satu ini cukup berguna untuk sang buah hati. Selain itu jangan lupa untuk mengabadikan momen bahagia bersama sang buah hati.

Menganalkan Musik untuk Mengenalkan Kecerdasan

Tak hanya pelajaran akademik saja yang penting untuk sang buah hati. Ada juga beberapa pengetahuan lain yang penting untuk diterapkan pada si kecil. Salah satunya adalah musik. Tanpa disadari dengan mengenalkan musik pada sang buah hati dapat merangsang otak si kecil untuk menguasai beberapa hal mulai dari membaca hingga perkembangan emosional anak.

Tak hanya itu saja aktivitas bermain sambil belajar dengan cara mendengarkan musik juga mampu membuat kecerdasan spesial sang buah hati berjalan ke arah yang lebih baik. Pasalnya si kecil cenderung akan bisa memecahkan masalah rumit seperti matematika dan fisika. Hal yang cukup penting adalah kepercayaan diri sang buah hati akan semakin meningkat.

Bermain Mengelompokkan Barang untuk Melatih Ketertiban

Anda juga dapat membantu mengasah kecerdasan si kecil dengan mengenalkan barang ya. Pasalnya hal ini dapat membantu si kecil untuk bertanggungjawab atas apa yang sudah dikerjakannya. Misalnya Anda bisa mengenalkan berbagai jenis mainan, kemudian suruh si kecil untuk mengelompokkan mainan tersebut berdasarkan jenisnya.

Bermain Mengikuti Gerakan untuk Melatih Daya Konsentrasi

Permainan yang satu ini bisa Anda lakukan di mana saja, bahkan di halaman rumah. Anda dan pasangan bersama sang buah hati bisa membentuk sebuah lingkaran. Kemudian instruksikan sebuah gerakan yang harus dilakukan secara bersama. Meski terkesan sepele, namun tanpa disadari aktivitas bermain yang satu ini mampu melatih sang buah hati untuk lebih konsentrasi.

Buat Permainan Berburu Harta Karun di Taman

Pastikan si kecil jangan bermain di halaman rumah secara terus-menerus. Bukan hanya tak baik untuk kesehatannya saja. Hal ini juga tidak baik untuk kondisi mental sang buah hati. Untuk itu pastikan Anda mengajak si kecil bermain keluar rumah sesekali. Agar aktivitas bermain tersebut lebih bermanfaat, buatlah permainan yang dapat membuat si kecil belajar.

Salah satunya adalah permainan berburu harga karun. Biarkan si kecil aktif bergerak bersama teman-teman seusianya. Anda tak perlu merasa khawatir akan kebersihannya. Setelah selesai bermain cuci pakaian sang buah hati dengan menggunakan detergen Rinso agar pakaian tetap lembut dan sang buah hati terhindar dari berbagai risiko alergi yang mungkin terjadi.

Nah di atas merupakan beberapa aktivitas bermain sambil belajar agar bisa lebih menyenangkan yang bagus untuk pertumbuhan sang buah hati. Belajar tak harus dilakukan di dalam ruangan secara terus menerus. Untuk itu sesekali lakukan aktivitas di atas untuk membantu tumbuh kembang sang buah hati agar berjalan lebih optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *