6 Jenis Spare Parts Motor Yang Wajib Diketahui Dan Sering Diganti

Sebagai pengguna motor, kamu tidak hanya dituntut untuk bisa mengendarainya dengan baik, memiliki surat yang lengkap dan juga menggunakan pengamanan diri saat berkendara, tetapi juga penting memahami apa saja jenis spare part  atau bagian komponen motor. Hal ini penting diketahui agar saat motor bermasalah, kamu bisa mendeteksi bagian mana yang kira-kira rusak dan perlu perbaikan. Dari sekian jenis spare part yang ada, berikut ini sebagian diantaranya yang perlu diketahui.

1.       Rantai Motor

Keberadaan rantai pada sebuah motor sangatlah penting karena berperan sebagai penghubung antara mesin penggerak dengan roda. Rantai inilah yang menjadikan motor bisa berjalan dengan baik. Dalam pemakaian yang lama, rantai dapat mengalami penurunan performa dan perlu dibersihkan secara berkala agar gerak perputarannya bisa tetap lancar. Untuk perawatan harian yang bisa dilakukan, dapat dengan cara memberikan oli atau pelumas rantai. Jika rantai putus, maka sebaiknya segera perbaiki dan sambung kembali, jika tidak memungkinkan untuk diperbaiki dapat menggantinya dengan spare part yang baru.

2.       Aki

Tanpa adanya aki, motor tidak akan bisa hidup. Ya, aki berfungsi sebagai sumber daya motor ketika baru pertama kali hendak dihidupkan. Pada motor, terdapat 2 jenis aki yang biasanya dipakai yaitu aki basah dan aki kering. Letak aki pada motor biasanya berada di sisi samping. Untuk menjaga performa motor tetap stabil, aki perlu mendapat perhatian dan perawatan khusus. Lakukan pengecekan secara berkala pada bagian aki minimal 1 kali seminggu untuk memastikan aki dalam kondisi baik.

3.       Karburator

Komponen atau spare part lainnya yang tidak kalah penting untuk diketahui adala karburator. Fungsi karburator ini adalah tempat proses pencampuran antara bahan bakar dengan udara. Saat motor dihidupkan, terjadi proses pencampuran antara bahan bakar dengan udara yang membuat kerja mesin motor jadi berjalan dengan baik. Meski terlihat kecil, bagian  karburator ini juga perlu untuk diperhatikan terutama dalam masalah kebersihannya. Karburator yang kotor dapat menghambat kerja mesin dan pastinya hal ini juga turut mempengaruhi kelancaran kendaraan bermotor saat digunakan.

4.       Busi

Banyak orang yang menganggap bahwa busi hanya merupakan satu jenis komponen pada motor, namun sebenarnya busi sendiri memiliki banyak jenis seperti busi elektroda, busi resistor, busi standar dan lainnya. Busi berperan sebagai pemantik api yang kemudian digunakan untuk membakar bahan bakar minyak pada motor. Saat busi mengalami kerusakan, kamu dapat menggantinya dengan yang baru karena jenis spare part yang satu ini cukup banyak dijual dan mudah ditemukan pada toko peralatan motor.

5.       Rem

Bagian lain pada motor yang sering digunakan dan tidak kalah penting diperhatikan adalah bagian rem. Rem pada motor berperan penting untuk menjaga laju motor atau mengendalikan gerak motor saat hendak berhenti. Banyak kecelakaan terjadi akibat rem yang blong atau rusak, oleh karena itu penting melakukan perawatan dan pengecekan pada bagian rem setiap kali hendak menggunakan motor, terlebih jika ingin melakukan perjalan jauh.

6.       Lampu Motor

Untuk kemudahan di malam hari, motor dilengkapi dengan lampu pada banyak sisi yaitu pada bagian muka dan belakang serta bagian depan sisi yang biasanya digunakan sebagai lampu sen ketika hendak belok. Bagian lampu juga menjadi salah satu komponen pada motor yang seringkali mengalami gangguan atau kerusakan, hal ini mungkin akibat letaknya yang berada pada bagian luar meski tetap dilengkapi pelindung. Jika lampu motor tidak menyala, ini bisa jadi indikasi bahwa lampu mengalami kerusakan dan hendaknya segera ganti dengan spare part yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *