5 Tips Memilih Mobil Baru Yang Sesuai Kebutuhan

Bisa memiliki mobil baru  tentunya menjadi impian banyak orang. Tidak sedikit yang rela melakukan kredit mobil untuk bisa segera mendapatkannya. Namun, adapula yang lebih memilih untuk menabung terlebih dahulu kemudian membeli secara cash. Jika memang saat ini, kamu sedang berencana ingin membeli mobil baru, coba deh simak tips berikut ini mengenai bagaimana cara memilih mobil yang pas sesuai kebutuhan.

1. Ketahui Jenis Mobil

Banyak orang yang terjebak pada tampilan luar mobil semata tanpa mencoba mengetahui jenis mobil itu sendiri. Untuk bisa menemukan mobil baru yang sesuai kebutuhan, perlu kiranya mengetahui jenis mobil yang akan dipilih. Jika mobil digunakan untuk kebutuhan membawa anggota keluarga yang banyak jumlahnya, bisa memilih mobil dengan tipe family car. Jadi, sebelum membeli pastikan terlebih dahulu kamu mengetahui jenis-jenis mobil serta tahu untuk apa mobil nanti digunakan.

2. Cek Spesifikasi

Saat ingin membeli mobil baru, jangan hanya memperhatikan body luar dan dalamnya saja, tetapi ketahui pula spesifikasi dari mobil tersebut. Untuk jenis mobil keluaran lama, biasanya lebih mudah untuk mengetahui spesifikasi dan kualitasnya karena tentunya ada banyak orang yang sudah menggunakannya. Berbeda jika mobil yang akan dibeli adalah keluaran terbaru, mungkin akan sulit mengukur kualitas mobil tersebut. Namun, tidak ada salahnya untuk meminta informasi kepada sales atau pihak penjual mobil sebelum akhirnya benar-benar membeli.

3. Bandingkan Kualitas Dengan Harganya

Setelah mengetahui kondisi mobil, mulai dari body luar, kondisi bagian dalam mobil hingga spesifkasi dan harganya. Maka, selanjutnya hal yang perlu dilakukan adalah membandingkan kualitas dengan harga yang ditawarkan. Jika memang dirasa sepadan, kamu bisa membelinya. Namun, jika terasa ada yang kurang sreg dan masih ada alternatif lain, tidak ada salahnya untuk mencoba kepada pilihan mobil yang lain.

4.  Masuk Anggaran Atau Tidak?

Sudah pasti jika harga mobil baru lebih mahal daripada mobil bekas. Saat memutuskan siap untuk membeli mobil, apalagi jika cash tentu harus siap pula dananya. Berikan anggaran khusus untuk jenis mobil yang ingin kamu beli. Biasanya, jenis mobil keluaran terbaru dan sudah terbukti laris dipasaran, memiliki harga jual yang lebih mahal. Jika memang keinginan memiliki mobil lebih kepada fungsi dan kebutuhan, bukan karena sekedar untuk gaya, ada baiknya untuk memilih mobil keluaran lama namun dengan kualitas yang bagus serta sesuai dengan kebutuhan muatan.

5. Layanan Service, Spare Parts, Pajak Dan lainnya

Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah masalah layanan service, ketersediaan spare parts, kelengkapan surat-menyurat dan juga biaya pajak yang harus dibayarkan. Hal semacam ini sangat perlu diperhatikan untuk kemudahan di masa yang akan datang. Jika memang tersedia layanan service untuk setiap pembelian mobil baru, pastinya ini akan memudahkan untuk perawatan mobil nanti. Selain itu, jenis mobil dengan ketersedian spare parts yang banyak dan mudah dicari tentu lebih baik karena jika mobil nanti harus mengalami perbaikan, kamu tidak sulit untuk mencari spare parts yang baru. Jangan lupa pula, untuk memastikan bahwa mobil yang kamu beli sudah memiliki surat yang lengkap seperti STNK dan tetap perhatikan selalu biaya pembayaran pajak mobil.

Semoga informasi mengenai tips memilih mobil baru di atas tadi dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *