4 Cara Pakai Fitur ‘Dark Mode’ di Instagram, untuk iOS dan Android

Peluncuran fitur tampilan baru aplikasi Instagram telah dirilis baru baru ini. YaknifiturInstagramdarkmodeataufiturmodegelapInstagram. TerkaitfiturmodegelapdiInstagramtersebut, bisa diaktifkan di ponselAndroiddaniPhone.

Simak pengaturan caranya. Sosial mediaInstagram kini telah resmi merilis 'dark mode' atau mode gelap untuk pengguna iPhone iOS 13. Dark mode atau mode gelap ini akan membuat pengguna lebih nyaman saat mengakses foto maupun video di Instagram yang biasanya terasa mencolok karena latar aplikasi berwarna putih cerah.

Untuk mengaktifkan mode ini, handphone harus menggunakan fitur mode gelap. Bila mode gelap tidak diaktifkan, maka tampilan pada Instagram tidak akan berubah dan akan kembali seperti biasa. Fitur mode gelap Instagram hanya bisa diterapkan pada iPhone yang juga mendukung mode gelap pada pengaturan operasi sistem.

Hanya iOS 13 yang mendukung mode gelap tersebut. Berikut langkah langkah untuk mengaktifkan mode gelap pada iPhone: Buka Settings > Display > pilih 'Dark Mode'

Unduh aplikasi Instagram di app store versi terbaru. Mode gelap hanya dapat digunakan pada Instagram versi terbaru. Kini Instagram sudah secara otomatis menggunakan mode gelap.

Apabila ingin mengembalikannya ke tampilan biasa, tinggal ganti dari 'dark mode' ke 'light mode' di pengaturan iPhone. Untuk pengguna Android saat ini juga sudah bisa menggunakan mode gelap di Instagram. Hanya saja fitur tersebut baru bisa digunakan dalam versi beta.

Sama halnya dengan iPhone, mode gelap Instagram pada Android juga hanya bekerja pada ponsel yang memiliki mode gelap. Mode gelap ini hanya didukung pada ponsel dengan Android 10. Untuk Android versi 9 (Oreo) ke bawah, tidak ada opsi mode gelap.

Langkah langkah yang perlu dilakukan: Settings > Display > Night Mode > On Buka App Store > scroll hingga menemukan kolom "You're a Beta Tester" > pilih "Join Beta" lalu tunggu beberapa saat.

Setelah berhasil bergabung dalam versi beta, selanjutnya perbarui aplikasi Instagram versi beta. Tampilan Instagram kini sudah dalam mode gelap Buka aplikasi Instagram dan lihat perubahannya.

Jika ingin kembali ke tampilan sebelumnya, pengguna hanya perlu menonaktifkan mode gelap pada pengaturan ponsel. Simak cara mengganti jadi Mode gelap atau dark mode pada beberapa aplikasi milik Google dari Google Maps hingga Youtube. <span></span> Dark mode atau mode gelap pada aplikasi memang lagi ngetren ngetrennya.

Facebook hingga Apple pun dikabarkan siap menggunakan mode ini di aplikasi mereka. Tak ketinggalan Google sendiri sudah lama mengimplementasikan Dark mode atau mode gelap dibeberapa aplikasi mereka. Selain lebih nyaman di mata, mode ini konon bisa menghemat daya baterai.

Google menanamkan mode gelap atau dark mode ini pada Android Q yang akan dirilis pada akhir tahun nanti. Namun untuk kaliini mungkin belum semua ponsel android dapat menggunakan mode gelap atau dark mode ini. Selain itu, sejumlah aplikasi Google juga memiliki mode gelapnya masing masing.

Dikutip dari KompasTekno dari Android Authority pada Kamis (11/7/2019), simak cara aktifkan mode gelap atau dark mode pada aplikasi Google kamu. Untuk mengaktifkan mode gelap pada aplikasi Google Calculator, pengguna cukup mengikuti langkah berikut: 1. Buka aplikasi kalkulator

2. Sentuh tanda tiga titik di bagian atas kanan. 3. Pilih "choose theme" 4. Pilih "Dark" atau "gelap"

Aplikasi Google Calendar memiliki fungsi yang beragam. Mulai dari membuat pengingat, hingga membuat agenda rapat. Untuk mengaktifkan mode gelap ikuti langkah berikut:

1. Pada aplikasi, sentuh ikon berbentuk "hamburger" pada bagian kiri atas. 2. Kemudian masuk ke menu setting. 3. Setelah itu cari pilihan "general"

4. Kemudian pilih "Theme" dan pilih "dark". Aplikasi jam pada ponsel Android juga memiliki fitur mode gelap. Cara mengaktifkannya adalah sebagai berikut:

1. Tekan tombol tiga titik di bagian atas kanan. 2. Masuk ke menu setting. 3. Scroll ke bawah sampai menemukan pilihan "screen saver".

4. Pilih "night mode". Aplikasi buku kontak pada ponsel Android juga memiliki fitur mode gelap secara bawaan. Untuk mengaktifkannya, ikuti langkah berikut:

1. Buka aplikasi Google Contacts 2. Sentuh ikon hamburger di bagian kiri atas. 3. Masuk ke menu setting

4. Pada bagian "Display", sentuh pilihan "Choose theme" 5. Pilih "dark". Aplikasi catatan dari Google ini juga sangat fungsional.

Jika terhubung dengan internet, aplikasi ini bisa melakukan sinkronisasi dengan catatan yang disimpan melalui desktop maupun ponsel. Untuk mengaktifkan mode gelap pada aplikasi ini, berikut adalah langkah langkahnya: 1. Buka aplikasi Keep

2. Sentuh ikon "hamburger" di pojok kiri atas 3. Pilih menu setting di bagian bawah. 4. Nyalakan bilah "enable dark theme".

Siapa yang tidak tahu aplikasi ini? Google Maps menjadi salah satu aplikasi fungsional yang banyak digunakan oleh pengguna. Google Maps juga memiliki mode gelap. Begini cara mengaktifkannya:

1. Sentuh ikon "hamburger" pada bagian kiri atas. 2. Masuk ke menu setting 3. Gulirkan ke bawah hingga menemukan pilihan "navigation settings".

4. Kemudian gulirkan lagi sampai ke bagian "map display". 5. Cari bagian "color scheme" kemudian sentuh pilihan "night". Anda yang sering membaca berita lewat ponsel, tentu tahu aplikasi ini.

Google News dapat menyediakan berita berita yang relevan dengan minat pengguna. Aplikasi ini ternyata memiliki fitur mode gelap. Caranya mengaktifkannya adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Google News 2. Sentuh ikon profil milik Anda. 3. Sentuh menu setting.

4. Pada bagian "general", pilih "dark theme". 5. Kemudian Anda bisa memilih apakah mode ini akan aktif seterusnya, secara otomatis, atau hanya saat fitur penghemat baterai aktif. Untuk mengaktifkan mode gelap di aplikasi Google Play Games caranya sangat mudah.

1. Sentuh ikon tiga titik di bagian kanan. 2. Pilih menu settings 3. Nyalakan toggle "use dark theme".

Snapseed merupakan aplikasi untuk menyunting foto menjadi lebih ciamik. Snapseed juga memiliki fitur tampilan dengan dominasi warna gelap. 1. Buka aplikasi Snapseed

2. Sentuh ikon tiga titik di bagian kanan atas. 3. Pilih settings 4. Cari bagian "appearance" dan nyalakan toggle "dark theme".

Beberapa bulan lalu, YouTube mengumumkan kehadiran mode gelap pada aplikasinya. Cara mengaktifkannya cukup mudah. 1. Buka aplikasi YouTube

2. Sentuh foto profile yang ada di bagian kanan atas 3. Pilih menu settings 4. Pilih "general".

5. Nyalakan toggle "dark theme".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *